SEJARAH DESA SUKARARA
SEJARAH DESA SUKARARA
Asal
Usul Nama Desa Sukarara
Desa
sukarara berasal dari bahasa sansekerta “suke” dan “rare” suke artinya tidak
ada unsure paksaan darimanapun atas kemauan sendiri sedangkan rare artinya
ingin menyindiri dan berkiprah dari azaz berdikari dengan semboyan:
“Oyowok Bebek
Belang, Jambul Pituq Sampi Gading Betenggale, Ngenggek Sengkangn Dare Lengkuk
Maraq Panji Sukerare”
artinya
semua warga atau masyarakat, walaupun banyak perbedaan marilah kita bersatu,
satu dalam tujuan, untuk memperlihatkan cirri khas dalam satu desa, sebgai
barisan depan dalam satu barisan desa yaitu local ( Wawancarara Mamiq Erna ).
Desa Sukarara Terbentuk pada tahun 1775, asal muasal Desa ini diberi nama Desa Sukarara adalah suka yang berarti senang dan rara artinya miskin, sehingga diartikan penduduk Desa ini selalu senang walaupun miskin. pemberian nama Desa Sukarara yaitu oleh kepala dukuh yang pertama kali memimpin desa sukarara yaitu sejak tahun 1755-1775. Pemimpin Desa Sukerara yang pertama kali yaitu Raden Anugrah dan Raden Cempake yang pada waktu itu disebut Pemban atau Panji ( Tahun 1755 Masehi ). Raden Ugrah memegang kekuasaan dibidang Pemerintahan, sedangkan Raden Cempake dibidang Pertanian, yang Makamnya ada Dipemakaman Umum Karang Waru Dasan Duah Desa Sukarara. (Interview Mamiq Iskandar Tahun 2000). sejak tahun 1775-2019 sudah 19 Kepala Desa yang memerintah Desa Sukarara.
Desa Sukarara merupakan salah satu Desa diantara sepuluh desa wilayah kecamatan jonggat, kabupaten lombok tengah. wilayahnya seluas 755,880 Ha, kurang lebih 11,16% dari luas kecamatan jonggat. batas-batasnya sebagai berikut:
Desa Sukarara merupakan salah satu Desa diantara sepuluh desa wilayah kecamatan jonggat, kabupaten lombok tengah. wilayahnya seluas 755,880 Ha, kurang lebih 11,16% dari luas kecamatan jonggat. batas-batasnya sebagai berikut:
- Sebelah Utara : Desa Nyerot
- Sebelah Timur : Desa Puyung
- Sebelah Selatan : Desa Batujai
- Sebelah Barat : Desa Labulia dan Desa Ungga ( Dokumentasi Keadaan Geografis Desa Sukarara ).
Letaknya 6 Km sebelah tenggara ibu kota Kecamatan Jonggat atau 5,5 disebelah Barat Daya Ibu Kota Kabupaten Lombok Tengah, 21 Km sebelah Tenggara Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Adapun jumlah Dusun yang berada diwilayah Desa Sukarara terbagi menjadi 10 Dusun yang masing dipimpin oleh Kepala Dusun
No
|
Nama Dusun
|
Nama Kepala
Dusun
|
1
|
Blong
Lauq
|
Lalu
Panggih
|
2
|
Blong
Daye
|
Sata
|
3
|
Ketangge
|
Sunardi
|
4
|
Dasan
Duah
|
Kaye
Sukarme
|
5
|
Bunsambang
|
Lalu
Murtawan
|
6
|
Dasan
Baru
|
M.
Yusuf
|
7
|
Burhane
|
Nurman
|
8
|
Bunputri
|
Subakti
|
9
|
Buncalang
|
H.
Alimul Ula
|
10
|
Batu
Entek
|
Diasih
|
Kesepuluh Dusun yang mencakup seluruh wilayah Desa
saat ini satu sama lain dibatasi jalan,lorong, pagar, dan tembok. Adakalanya berbatasan
kebun dan sawah.
NAMA-NAMA
STRUKTUR PEMERINTAHAN DESA SUKARARA KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH
NUSA TENGGARA BARAT 2019
NO
|
NAMA
|
JABATAN
|
1
|
H. SAMAN BUDI, S.Ag
|
KEPALA DESA
|
2
|
LALU SUKARDI
|
KETUA BPD DESA
|
3
|
ZAENAL RAHMAN, S.Pd
|
SEKERTARIS DESA
|
4
| MASNUN, S.Pd
|
KASI PEMERINTAHAN
|
5
|
DARMAWAN, S.Pd
|
KAUR KEUANGAN
|
6
|
DZUL KHAMJU DG
|
KAUR PEMBANGUNAN
|
7
|
M. ISNAN ABDILLAH
|
KASI KESRA
|
8
|
SUKAYANDI
|
KAUR UMUM
|
9
| OKTAVIANDI, S.Pd
|
KASI PEAYANAN
|
10
|
IFAN SUSANTO
|
BABINSA
|
11
|
LALU WIRANING SUBAKTI
|
BHABINKANTIBMAS
|
12
|
HASNADI USMAN
|
PENDAMPING DESA
|
13
|
LALU PANGGIH
|
KEPALA DUSUN BLONG LAUQ
|
14
|
SATA
|
KEPALA DUSUN BLONG DAYE
|
15
|
SUNARDI
|
KEPALA DUSUN KETANGGE
|
16
|
KAYE SUKARME
|
KEPALA DUSUN DASAN DUAH
|
17
|
LALU MURTAWAN
|
KEPALA DUSUN BUNSAMBANG
|
18
|
M. YUSUF
|
KEPALA DUSUN DASAN BARU
|
19
|
NURMAN
|
KEPALA DUSUN BURHANA
|
20
|
SUBAKTI
|
KEPALA DUSUN BUNPUTRI
|
21
|
H. ALIMUL ULA
|
KEPALA DUSUN BUNCALANG
|
22
|
DIASIH
|
KEPALA DUSUN BATU ENTEK
|
Jumlah
penduduk Desa Sukarara
Desa Sukarara merupakan Desa yang mempunyai Jumlah
10.067 Jiwa ( 3.558 KK ) adapun rincian berdasarkan data Desa Sukarara sebagai
berikut:
LAPORAN PENDUDUK DAN KK MASING-MASING KEPALA DUSUN DESA SUKARARA | ||||||||||||||||||||||||
BULAN 2019 | ||||||||||||||||||||||||
NO | KADUS | PENDUDUK AWAL | JUMLAH | LAHIR | JUMLAH | MENINGGAL | JUMLAH | PINDAH | JUMLAH | DATANG | PENDUDUK AKHIR | JUMLAH | JUMLAH KK | TOTAL | ||||||||||
L | P | L | P | L | P | L | P | L | P | L | P | L | P | L | P | L | P | L | P | |||||
1 | BLONG LAUQ | 394 | 406 | 800 | 0 | 1 | 394 | 407 | 0 | 0 | 394 | 407 | 0 | 1 | 394 | 406 | 0 | 0 | 394 | 406 | 800 | 236 | 52 | 288 |
2 | BLONG DAYE | 549 | 588 | 1,137 | 0 | 0 | 549 | 588 | 0 | 2 | 549 | 586 | 0 | 1 | 549 | 585 | 0 | 2 | 549 | 587 | 1,136 | 326 | 26 | 352 |
3 | KETANGGE | 409 | 407 | 816 | 0 | 0 | 409 | 407 | 0 | 0 | 409 | 407 | 0 | 1 | 409 | 406 | 0 | 1 | 409 | 407 | 816 | 223 | 43 | 266 |
4 | DASAN DUAH | 447 | 483 | 930 | 0 | 0 | 447 | 483 | 0 | 0 | 447 | 483 | 0 | 1 | 447 | 482 | 0 | 0 | 447 | 482 | 929 | 290 | 44 | 334 |
5 | BUNSAMBANG | 817 | 835 | 1,652 | 0 | 1 | 817 | 836 | 0 | 1 | 817 | 835 | 0 | 0 | 817 | 835 | 0 | 1 | 817 | 836 | 1,653 | 519 | 61 | 580 |
6 | DASAN BARU | 490 | 525 | 1,015 | 0 | 0 | 490 | 525 | 0 | 0 | 490 | 525 | 0 | 1 | 490 | 524 | 0 | 1 | 490 | 525 | 1,015 | 302 | 63 | 365 |
7 | BURHANA | 472 | 499 | 971 | 0 | 0 | 472 | 499 | 1 | 471 | 499 | 0 | 0 | 471 | 499 | 0 | 0 | 471 | 499 | 970 | 296 | 60 | 356 | |
8 | BUNPUTRI | 348 | 349 | 697 | 0 | 1 | 348 | 350 | 0 | 0 | 348 | 350 | 0 | 0 | 348 | 350 | 1 | 5 | 349 | 355 | 704 | 225 | 47 | 272 |
9 | BUNCALANG | 479 | 551 | 1,030 | 0 | 1 | 479 | 552 | 1 | 2 | 478 | 550 | 0 | 0 | 478 | 550 | 0 | 0 | 478 | 550 | 1,028 | 277 | 89 | 366 |
10 | BATU ENTEK | 477 | 540 | 1,017 | 0 | 0 | 477 | 540 | 0 | 0 | 477 | 540 | 0 | 1 | 477 | 539 | 0 | 0 | 477 | 539 | 1,016 | 325 | 54 | 379 |
JUMLAH | 4,882 | 5,183 | 10,065 | 0 | 4 | 4,882 | 5,187 | 2 | 5 | 4,880 | 5,182 | 0 | 6 | 4,880 | 5,176 | 1 | 10 | 4,881 | 5,186 | 10,067 | 3,019 | 539 | 3,558 |
Iklim
Desa Sukarara memiliki iklim musimhujan 7-8 bulan
setiap tahunnya. Hujan yang terbanyak pada bulan januari dan Februari. Curah hujan
dalam satu tahun rata-rata 141 mm. adapaun musim penghujan terjadi selama enam
bulan sedangkan suhu rata-rata harian dan mencapai 300 C.
Mata
Pencaharian
Masyarakat Desa Sukarara sebagian besar memiliki
pekerjaan sebagai petani. Bertani merupakan pekerjaan utama masyarakat Desa
Sukarara karena Desa Sukararakarena Desa Sukarara terletak pada suatu dataran
diperuntukkan sebagai sawah ( 630 Ha). Selebihnya
adalah kebun ( 38, 792, Ha/%,132%). Pekarangan ( 98,815 Ha atau 13,073), dan
kuburan (4 Ha/ 0.529%). seluruh wilayah Desa Sukarara merupakan dataran rendah
yang subur, terdapat sungai kecil yang mengalir di desa ini yaitu sungai karang
baru yang kering pada musim kemarau. Desa Sukarara tidak tergantung pada sungai
tersebut. Air diperoleh dari jurang sate dengan sistim pengairan yang teratur
sehingga memungkinkan penduduk bertanam padi dua kali dalam setahun. Tanah yang
baik pengairannyadijadikan sawah dengan hasil utama padi. selain itu ditanami
pohon kelapa, pisang, buah-buahan seperti mangga, kedondong, jeruk, dankebun
ditanam bambu, selain tumbu-tumbuhan yang dibudidayakan terdapatjuga yang alami
seperti dadap, beringin, cangin, jarak pagar dan kaktus.
Selain bertani masyarakat desa sukarara terutama
wanita juga menenun pekerjaan ini dilakukan sambil menunggu panennya padi dan
tanaman lainnya.
Budaya dan Tadisi Desa Sukarara
Budaya
Desa Sukarara merupakan
desa yang masih kental dengan kebudayaan masyarakatnya. Yang paling membedakan
antara desa sukarara dengan desa lainnya yaitu pada budaya menenunnya. Perbedaan
menenun pada desa sukarara dan desa lainnya yang juga pengrajin tenun terletak
pada motifnya. Motif yang beraneka ragam seperti kembang komak, ragi genep,
tapo kemalo, merupakan kreasi dari pengerajin tenun yang sebagian mempunyai
makna atau arti tersendiri.
Selain budaya tenunnya
Desa Sukarara juga masih melaksanakanadat istiadat yang bisa dilakukan
masyarakat sasak seperti tarian rudat, gendang belek, kecimol, nyongkolan pada
acara pernikahan, acara potong rambut, khitanan, dan acara kematian. Adat istiadat
tersebut dilakukan sejak turun temurun. Potensi budaya lainnya juga terdapat
berbagai macam situs sehingga dusun yang berada di Desa Sukarara merupakan nama
situs yang berada diwilayah dusun tersebut.
LATAR BELAKANG MUNCULNYA KAIN SONGKET
a) Faktor Sejarah
Pada
zaman dahulu, dengan keterbatasan alat maupun bahan serta tingkat sumber daya
manusia yang rendah, manusia membentuk sebuah pakaian dari kulit kayu, karena
merasa kurang nyaman mengenakan pakaian dari kulit kayu ini dapat menimbulkan
gatal dan merusak kulit, maka nenek moyang kala itu mulai mencari alternatif
lain yaitu dengan mengolah ataumengubah bahan-bahan menjadi barang ( barang
jadi atau setengah jadi ), dalam hal ini sebgai contoh pemintalan mengolah
bahan kapas menjadi barang yang akan digunakan untuk membuat kain tenun songket
tersebut. Sejak itulah muncul kain tenun ikat dari berbagai wilayah.
Demikian
halnya dengan produksi kain tenun songket yang ada di Desa Sukarara, dengan
keberadaan produksi songket tersebut untuk dapat melestarikan budaya daerah
suku sasak, karena dengan adanya kebudayaan itu merupakan suatu kebutuhan bagi
masyarakat sukarara untuk mengembangkan dan melestarikan budaya mereka. Suatu budaya
merupakan warisan dari nenek moyang dahulu kita.
Dalam
hal ini, akan dibahas mengenai sejarah munculnya kain tenun Songket desa sukarara
Kecamatan jonggat kabupatenlombok tengah.
SEJARAH KEBERADAAN SONGKET SUKARARA
Dalam Bahasa Kawi yang kami kutip dari Takepan RENGGANIS, kata Songket artinya Sensek (Tenun), Nyongket artinya Nyensek ( Menenun ). Kerajinan Nyensek dimulai dari Pemerintahan Raden Anugrah dan Raden Cempake yang pada waktu itu disebut Pemban atau Panji ( Tahun 1755 Masehi ). Raden Ugrah memegang kekuasaan dibidang Pemerintahan, sedangkan Raden Cempake dibidang Pertanian, yang Makamnya ada Dipemakaman Umum Karang Waru Dasan Duah Desa Sukarara. (Interview Mamiq Iskandar Tahun 2011)
sedangkan menurut Inaq gerah Kain tenun songket Sukarara muncul sejak zaman kerajaan selaparang bertepatan pada tahun 1955, dan orang yang pertama kali menggeluti tenuin songket tersebeut seorang perempuan yang bernama papuq jering kemudian diturunkan kepada saudaranya papuq Rabi' dan mengajak temannya yaitu Papuq Enten. setelah kain tenun tersebut dipelajari oleh Papuq Enten beliau langsung bisa menenun walaupun hanya sekedar melihat-lihat Papuq Jering Nyensek ( Menenun). Keahlian Papuq Enten tersebut diturunkan kepada anak cucunya hingga Kain tenun songket dapat berkembang luas di desa sukarara tersebut.
pada zaman dahulu pekerjaan menenun dilakukan dengan menyediakan sesajen (andang-andang) yang ditempatkan pada kudung ( tempat yang terbuat dari bambu) yang berisi beras, benang putih, pinsah , kepeng siu satus selae ( uang seribu seratus dua puluh lima) dan air yang ditempatkan dalam sebuah botol, air tersebut digunakan untuk beseraup ( cuci muka) setiap kalimenenun agar penglihatan menjadi terang dan agar tidak tergangguoleh jin karena pada zaman dahulu orang tua percaya akan kebenaran hal-hal yang ga'ib hingga sampai saat ini, seriring berjalanya waktu dan berkembangnnya ilmu pendidikan dan ilmu keagaman masyarakat di Desa Sukarara jarang mempercayai hal-Hal Demikian.( Interview Inaq Gerah Pada tahun 2011 )
Pada waktu itu banyak Pohon yang tumbuh, bahkan Bunga-Bunga Kapas yang sudah Tua banyak berguguran jatuh ke Tanah. Oleh sebab itulah timbul pemikiran-pemikiran untuk bagaimana caranya mengolah kapas tersebut menjadi Benang dan selanjutnya bisa menjadi selembar Kain. Akhirnya para Kaum Wanita khususnya Ibu-Ibu mencoba memetik Bunga kapas yang sudah Tua dan selanjutnya dijemur. Setelah kering, Kapas-Kapas itu dipisahkan dari Bijinya dan kemudian di jemur lagi. Menjemur Kapas tidak seperti menjemur Gabah, tapi menjemurnya dengan wadah, Bakul atau Rampak ( Kulit Sapi Yang Dibuat Berbentuk Bakul ). Rampak bisa juga dimanfaatkan sebagai Lesung alat untuk menumbuk Padi. Setelah betul-betul kering lalu di bersihkan lagi dengan alat yang sederhana yang disebut Betuk ( Alat Yang Dibuat dari Bambu dan Rotan ). Kapas yang sudah bersih kemudian di lempeng kira-kira ukuran sebesar Piring kemudian digulung berbentuk Bulat Panjang. Kapas yang sudah digulung berubah nama menjadi Bojol. Bojol kemudian dipintal dengan alat yang namanya Arah dan Pendiring. Memintal Bojol menjadi Benang memerlukan kesabarandan ketekunan. Benang yang sudah ada di Pendiring dipindahkan lagi ke sebuah alat yang namanya Ajon ( yang Terbuat Dari Kayu ) kemudian disikat dengan sikat Ijok. Benang yang sudah jadi melalui beberapa proses ini dinamai Benang Berut. Benang Berut inilah yang diolah menjadi selembar Kain melalui Nyensek dengan seperangkat alat sederhana yaitu : Ebatang- Jajak-Tutuk-Penggulung-Suri-Apit-alit-Lekot dan Berire yang disingket Perabot Nyensek. Separangkat alat Tenun inilah yang mempunyai nilai yang sangat tinggi yaitu sebagi simbol bahwa kaum Wanita terbatas gerak langkahnya.
Dari Benang Berut
tersebut dapat dibuat:
1.
Kembang Komak Berut (
Taum ).
Taum
adalah alat pewarna hitam. Kembang komak Berut terdiri dari Dua warna yaitu
Hitam dan Putih.
2. Bahok
( Rorek Benang Putih ).
Dua
motof inilah yang dihasilkan dari benag berut dengan alat pewarna Hitam. Benang
Berut dibuat juga sebagai Kain Kafan. Kemudian setelah ada celup, maka motif
sensekan ( Tenunan ) semakin berkembang sedikit demi sedikit antara lain yang
dinamakan dengan Cawul ( Warna Merah, Putih dan Hitam ), Mege-Rejase.
Kemudiaan
setelah ada benang Pabrik ( Benag dari Cina atau Jepang ), maka motif sensekan
semakin berkembang lagi antara lain : Kembang Komak Benang
Putik, Ragi Genep, Selulut, Kemalo,
Pucuk Melung dll.
Motif-motif tersebut
merupakan inspirasi penenun sendiri tanpa contoh atau gambar.
“HANYONGKET,
HANENUN, LANSULAMAN TANPE DOM DOMAN”, artinya nyensek misah
ataupun bejait dekn kadu conto, gambar atau imbe ( Desa Sukarara )... “Kutipan
Dari Takepan Rengganis Tembang Pamungkas Semare Dane”.
Keguanaan Songket :
1.
Untuk Pakaian
Sehari-Sehari dan ada jugak yang disimpan. Tempat penyimpanan hasil nyensek ini
dinamakan Keben.
2. Digunakan
saat-saat acara Perkawinan dan Acara adat lainya sebagai Dodot, Sarung (
Londong dan Selewok ).
3.
Khusus Kembang Komak
dari dulu sampai sekarang masih dipakai untuk menyelimuti Anak yang akan Khitan
atau di Sunat karena Kembang Komak ini apabila dipaki pada siang hari dapat
menyejukkan badan dan pabila dipaki musim dingin ( Telis Kembang Komak ) dapat
menghangatkan badan. klik tautan ini bila ingin melihat cara menenun atau nyensek https://www.youtube.com/watch?v=qrKVyA_4GdY dan macam-macam motif tenunan klik tautan https://www.youtube.com/watch?v=74urB8eGZTg
FASE
BARU SONGKET SUKARARA
“ Subahnale Antap Tiwuk Arak Sejai
Beli Jeluang Duh Pangerah Pembungkus Gule
Subahnale Anak Iwuk Sak Salak Jari
Bilang Lawang Taokn Tunas Dane”
Setelah menempuh perjalanan panjang menulusuri Motif demi
motif pada kisaran Tahun 1940an tercetus Inspirasi baru mengembangkan
motif menjadi Subahnale, Bintang dan Remawe kata Subahnale berasal dari
kata subahanallah ( Maha Suci Allah ) dari seorang bernama Papuk Rabik dari
Dasan Duah.
Ketika
ia dalam keadaan kelelahan dan memilih dan memilah seutas Benang untuk
menciptakan Motif menjadi bentuk Bunga dan ia selalu mengucapkan kata-kata
Subahnale berulang- ulang kali. (Interview Mamiq Iskandar Tahun 2011)
Motif Subahnale nerupakan motif yang merupakan ciri khas dari desa sukarara. asal usulnama subahnale ini ada beberapa versi. salah satu versi yang berkembang dikalangan masyarakat setempat danmerupakan versi yang masuk akal Subahnale berasal dari kata "Subhanallah" yang artinya mahasuci Allah, satu ungkapan kata menyebut kemaha sucian Allah apabila merasa telah berbuat khilaf. pada zaman dahulu pekerjaan menenun hanya dilakukan oleh perempuan pada suatu tempat yang tertutup dengan penerangan lampu minyak yang kurang memadai. pekerjaan membuat kain songket bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi kondisi ruang kerja kurang ,mendukung . oleh karena itu, adlah hal yang wajar apabila sering terjadi kesalahan dalam memasukkan benang untuk melahirkan motifatau ragam hias yang baik. Sebagai orang islam, setiap kali terjadi kekeliruan si penenun mengucapkan kata subhanallah, menyebut kemaha sucian Allah SWT karena seringnya terjadi kekeliruan, sesring itulah kata subhanallah diucapkan.
dan itulah kain yang dihasilkannya dan dinamakan " Kain Subahnale". dalam hal ini karena lidah orang kebnayakan sulit mengucapkan subhanaallah maka berubah menjadi subahnale. jadi dalam hal ini, kain tenun songket berlangsung terus menerus sejak dini yang memantapkan pewaris budaya antar generasi turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya sehingga mewujudkan kerajinan tradisional.
secara bertahap seiringnya perkembangan zaman dengan Ketekunan dan kesabaran masyarakat sukarara untuk menciptakan motif-motif baru sehingga terbentuklah motif yang namanya Kembang Remawe akhhirnya terwujud. Setiap ada kesalahan dan kelelahan dia selalu mengucapkan kata Subahnale. Memiih dan memilah Benang disebut Beregun.
dan itulah kain yang dihasilkannya dan dinamakan " Kain Subahnale". dalam hal ini karena lidah orang kebnayakan sulit mengucapkan subhanaallah maka berubah menjadi subahnale. jadi dalam hal ini, kain tenun songket berlangsung terus menerus sejak dini yang memantapkan pewaris budaya antar generasi turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya sehingga mewujudkan kerajinan tradisional.
secara bertahap seiringnya perkembangan zaman dengan Ketekunan dan kesabaran masyarakat sukarara untuk menciptakan motif-motif baru sehingga terbentuklah motif yang namanya Kembang Remawe akhhirnya terwujud. Setiap ada kesalahan dan kelelahan dia selalu mengucapkan kata Subahnale. Memiih dan memilah Benang disebut Beregun.
Pada
awalnya Subahnale, Bintang dan Remawe hanya untuk disimpan dan dipakai sendiri
apabila ada upacara-upacara Adat akhirnya Orang yang bisa beregun ini bertambah
lagi di setiap beberapa Dusun antara lain Dasan Duah, Bun Mudraq, Buncalang, Ketangge, dan Burhana. Sekarang
disetiap-setiap Dusun 50% perempuan di Desa Sukarara bisa menenun dan 10% diantaranya bisa beregun bahkan lebih bisa Beregun dengan
Motif-Motif masa kini.
Seiring dengan
perkembangan zaman, sekarang ini Songket Sukerare sudah menembus Dunia
Internasional. Dan sampai sekarang sudah bisa tercipata lebih dari 40 Motif.
LIMPUT
UMBAK
Limput
Umbak adalah sebuah alat untuk menggendong Anak. Namun limput yang dibuat di
Desa Sukarara bukanlah alat untuk menggendong Anak akan tetapi sebagai simbol
kasih sayang kepada Anaknya, pembuatan Umbak ini diupacarakan secara Ritual
dari tahap awal sampai selesai. Umbak terdiri dari Tiga warna yaitu : Merah,
Putih dan Hitam. Merah sibol Perempuan, Putih simbol Laki-Laki dan Hitam simbol
Kegaiban. Sebelum dipotong Umbak ini diarak keliling Desa dan di Iringi Gamelan
dan Pesajik, setelah itu disimpan di Bale Belek.
Bale
Belek adalah tempat-tempat penyimpanan benda-benda peninggalan para Leluhur
terdahulu. Umbak dipakai apabila dipakai ada acara Surung Serah Aji Kerame Adat
tatkala seorang telah Kawin dan mengandung makna apabila sudah terjadi ikatan
perkawinan berarti sanggup menanggung resiko apapun tatkala nanti sudah
mempunyai anak. ( Wawancara Mamiq Kandar )
Perkembangan Kain Tenun
Songket Desa Sukarara
Desa
Sukarara adalah salah satu desa dari 13 desa di wilayah Kecamatan Jonggat,
Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Desa Sukarara
dengan jumlah penduduk 9.978 jiwa terdiri dari 4.862 laki-laki dan 5.116
perempuan yang bekerja di sektor pertanian. Bagi kaum perempuan, selain bekerja
di sektor pertanian juga bekerja sebagai Pengrajin Tenun Tradisional Gedogan.
Gedogan
adalah satu perangkat tenun tradisional yang sederhana dan manual tetapi
menghasilkan karya tenun yang berkualitas dengan motif yang beragam dan
memiliki daya saing. Produk-produk yang dimaksudkan antara lain:
1. Songket
2. Kain
Panjang
3. Selimut
4. Selendang
5. Udeng
6. Taplak
Meja
7. Rangrang
Produk
Tenun Desa Sukarara telah dikenal di seluruh Nusantara maupun Mancanegara,
diminati berbagai kalangan. Hal ini dapat dilihat dari Wisatawan yang
berkunjung di Desa Sukarara.
Dengan
kondisi tersebut Desa Sukarara ditetapkan salah satu “Desa Penyangga Pariwisata
Mandalika” yang saat ini sedang dikembangkan, dibenahi, dan dibangun oleh
Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).
Oleh karena itu Desa Sukarara berupaya meningkatkan perannya secara aktif dan atraktif
memperkenalkan dan mempromosikan produk andalannya yaitu Tenun Tradisional
Sukarara.
Langkah-langkah
promosi yang dilakukan adalah memperkenalkan
Tenunan Sukarara melalui: Seminar, Gelar Budaya, Pameran, Bazar, baik di
tingkat Regional, Nasional, maupun Internasional, di bawah koordinasi
pemerintah daerah dalam hal ini secara khusus dengan Dinas Pariwisata, Dinas
Perdagangan, dan Industri, dan Ikatan wanita Pengusah Indonesia (IWAPI).
Masalah
Yang Dihadapi
1.
Para Penenun masih
menganggap Nyensek sebagai pekerjaan sampingan.
2. Harga
jual mereka masih blum sebanding dengan waktu dan tenaga yang dikorbankan oleh
para Penenun.
3. Desa
belum dapat berbuat banyak terhadap kesenjangan harga yang diterima oleh
Penenun.
4. Kwalitas
masih perlu ditingkatkan.
5.
Masih ada persaingan
yang belum bisa di kontrol.
Hal-
Hal Yang Ingin Dicapai.
1.
Para Penenun perlu
dilokalisir agar dapat dikontrol baik dari segi proses kwalitas maupun harga.
2.
Perlu adanya Central
Industri untuk mempermudah pembinaan, pengawasan dan lain-lain.
DOWNLODED NAMA-NAMA PENENUN DI DESA SUKARARA https://docs.google.com/spreadsheets/d/e/2PACX-1vREGJNnzOgQv-IqZz-Va9HhGyTMTxTCQ0SyYeBuHAZkWq9lmo8hCQmvd7pqSHzGkvXwNmLnWvZzw6d1/pub?output=xlsx
DOWNLODED NAMA-NAMA PENENUN DI DESA SUKARARA https://docs.google.com/spreadsheets/d/e/2PACX-1vREGJNnzOgQv-IqZz-Va9HhGyTMTxTCQ0SyYeBuHAZkWq9lmo8hCQmvd7pqSHzGkvXwNmLnWvZzw6d1/pub?output=xlsx
TRADISI BERANTOK
Tradisi Berantok merupakan tradisi turun temurun, yang ditinggalkan para sesepuh atau orang tua dulu dimana saat itu alat transportasi dan komunikasi sangat minim, sebagai inisiatif atau hasil pemikiran masyarakat saat itu, terbentuklah suatu alat tradisional yang di anggap mampu sebagai alat komunikasi antar kampung atau anatar desa pada masa itu yang terbuat dari Batangan Kayu, yang tersusun rapi sehingga menghasilkan suara yang bernada sebagai pengganti pengeras suara yang menandakan ada musibah kematian pada masa itu.
Tradisi Berantok mempunyai proses atau tradisi yang sangat unik seperti
- Sesasejen, Sesajen Adalah kearifan lokal yang melambangkan kehidupan sehari-hari sebagai mahluk sosial, yang terdiri dari: Nginangan yang berisikan perlengkapan makan sirih dan rokok ( Sedahlan Jaran )
- Andang-andang dengan filosofi yang dianggap sangat ritual pada umumnya masyarakat desa sukarara yang selalu dikedepankan dalam setiap acara ritual apapun yang terdiri atas: Kudung ( penempeh ) yang dilengkapi didalamnya terdapat Benang, Beras, Uang, Sirih, Rokok, Tembakau yang digulung dengan daun pisang menandakan suatu kehidupan masyarakat desa sukarara yang umumnya adalah permah dan bersatu dalam segala hal baik suka maupun duka
- apabila rantok sudah dibunyikan maka seluruh masyarakat sukerare yang mendengarkan secara langsung ataupun tidak langsung sebagai pertanda bahwa yang keluarga yang berduka tersebut merupakan tanda yang sudah meninggal dunia adalah hari kesembilan
- sebagai alat untuk mengundang semua keluarga umumnya yang berada di desa Sukerare karna Rantok tersebutlah yang menjadi undangannya
- Rantok merupakan tempat pemandian Batu Nisan dan merupakan tempat untuk sembelih hewan aqiqahnya pada saat hari kesembilan
- Rantok adalah perntanda hari kesembilan yang merupakan akhir dari acara, tradisi, dan ritual dari peristiwa atau kejadian Tradisi berantok
Penamat adalah tradisi masyarakat khususnya di Desa Sukarara yang terbuat dari :
- Pesajiq adalah Nampan yang terbuat dari kayu yang berkaki yang melambangkan persatuan dan kesatuan dalam suatu tradisi adat budaya desa sukarara, yang tidak luput dari kehendak yang kuasa
- Jajanan yang tersusun rapi yang berbentuk kerucut yang terdiri dari:
- Renggi putiq melambangkan asal muasal dari ayah
- Renggi Beaq melambangkan asal muasal dari ibu
- Ore melambangkan persatuan dalam ikatan keluarga yang selalu berpegang teguh pada kearifan lokal
- Pedati Melambangkan Anugrah dari Allah SWT yang sifatnya bersegi lima yang berarti: pengakuan kepada sareat Islam yang 5 waktu, maka terangkumlah dalam satu bentuk yang melambangkan persatuan dan kesatuan dalam keluarga yang akan kembali kepada sang pencipta ( Wawancara Mamiq Erna ),
TRADISI NGENDANG (ENDENG API)
Tradisi Ngendang (endeng api) merupakan tradisi masyarakat desa Sukarara yang secara turun temurun yang saat ini hampir punah, tradisi ngendang merupakan suatu cara masyrakat desa sukarara waktu dulu untuk mengenal gadis perawan atau ajang mencari jodoh, jika melihat potret masa lalu biasanya masyarakat dulu saking minimnya alat telekomunikasi salah satu cara untuk berkenalan dengan mengikuti tradisi ngendang,
DAFTAR PUSTAKA
RPJMDes Desa Sukarara. 2019. Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa Sukarara. Dokument Desa Sukarara
Interview Lalu Iskandar. Sejarah Songket Di Desa Sukarara
Interview Mamiq Erna Ketua BPD Desa Sukarara
Interview M. Yusuf. Ketua Adat Desa Sukarara
Siapa yg punya kutipan inj
BalasHapusKutipan ini berdasarkan hasil interview saya dengan narasumber, dan dokumen2 yang dari desa sukarara, seperti RPJMDes Desa Sukarara, Profil Perkembangan DEsa dan Potensi Desa Sukarara,,,, jika ingin tau secara detail silahkan datang ke desa kami, mengenai interview silahkan tonton video saya tentang sejarah songket dan desa sukarara di youtube DSC Story
Hapus